Senin, 21 Oktober 2024

Pilres 2024

Daftar Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilihan Umum 2024

Beberapa nama yang sering muncul dalam berbagai survei dan deklarasi sebagai bakal calon presiden (capres)

Penulis: abeytara
Istimewa
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat mengikuti Rakornas Kepala Daerah se-Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Selasa (17/1/2023). 

Berikut Daftar BAKAL CAPRES 2024

Pemilihan presiden (pilpres) 2024 di Indonesia diprediksi akan menjadi pertarungan sengit antara beberapa tokoh politik yang memiliki elektabilitas tinggi.

Beberapa nama yang sering muncul dalam berbagai survei dan deklarasi sebagai bakal calon presiden (capres) adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Ketiganya memiliki basis dukungan yang kuat dari partai-partai politik maupun relawan.

Ganjar Pranowo adalah Gubernur Jawa Tengah yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Ia dikenal sebagai sosok yang dekat dengan rakyat dan memiliki prestasi dalam memimpin provinsi terpadat di Indonesia. Ganjar juga memiliki hubungan baik dengan Presiden Joko Widodo, yang diyakini akan memberikan rekomendasi kepadanya untuk maju sebagai capres 2024.

Beberapa partai yang berpotensi mendukung Ganjar adalah Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Nama-nama yang mungkin menjadi calon wakil presiden (cawapres) Ganjar adalah Erick Thohir, Airlangga Hartarto, atau Puan Maharani.

Prabowo Subianto adalah Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang pernah dua kali kalah dalam pilpres melawan Jokowi. Ia adalah mantan komandan jenderal Kopassus dan menantu mantan Presiden Soeharto. Prabowo memiliki citra sebagai sosok yang tegas, nasionalis, dan berpengalaman dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Prabowo juga memiliki hubungan baik dengan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, yang kemungkinan akan menjadi cawapresnya. PKB adalah partai berbasis Islam yang memiliki basis massa di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Anies Baswedan adalah mantan Gubernur DKI Jakarta yang berasal dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ia adalah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan mantan Rektor Universitas Paramadina. Anies memiliki citra sebagai sosok yang cerdas, visioner, dan berorientasi pada perubahan.

Anies juga memiliki hubungan baik dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, yang mungkin akan mendukungnya sebagai capres 2024. Nasdem dan Demokrat adalah partai-partai yang memiliki basis massa di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Selain ketiga nama di atas, ada juga beberapa nama lain yang mungkin akan muncul sebagai capres atau cawapres 2024, seperti Sandiaga Uno, Ridwan Kamil, Moeldoko, Dedi Mulyadi, Andika Perkasa, atau Arsjad Rasjid. Namun, elektabilitas mereka masih lebih rendah dibandingkan dengan ketiga nama utama.

BERITA REKOMENDASI
  • AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2024 TribunNews.com, a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
    About Us Help Privacy Policy Terms of Use Contact Us Pedoman Media Siber Redaksi Info iklan